Zona Syariah – Portal Berita Islam, Dalam Islam mengajarkan beragam jenis doa yang berbeda tujuan serta kegunaannya. Sebagai pemeluk agama ini sudah sepatutnya Anda memahaminya, meskipun tidak semuanya setidaknya beberapa doa penting dan bisa diamalkan sehari-hari. Salah satunya adalah doa Ratib Al Haddad.

Doa Ratib Al Haddad sendiri merupakan amalan yang di dalamnya mengandung doa dan dzikir yang disusun oleh seorang ulama Hadramaut yakni Habib Abdullah bin Alwi Muhammad Al Haddad (1055 – 1132 H). Amalan yang satu ini dinilai mempunyai khasiat yang sangat luar biasa.

Sehingga tidak heran jika di beberapa pondok pesantren sering menggunakannya sebagai amalan sehari-hari. Ratib Al Haddad disusun berdasarkan ide yang muncul pada malam lailatul qodar 27 Ramadhan 1071 H. Dari sekian banyak doa yang diamalkan, doa inilah yang sangat terkenal.

Bacaan Doa Ratib Al Haddad

Mengenal Doa Ratib Al Haddad Beserta Maknanya

Menjadi doa yang dianggap mujarab alias manjur membuat doa Ratib Al Haddad dicari banyak orang. Namun sebelum masuk ke penjelasan yang lebih detail, alangkah baiknya jika Anda pun memahami waktu yang paling utama untuk membaca atau mengamalkan doa ini.

Menurut Syekh Abu Bakar bin Ahmad Al-Maliabar, membaca doa Ratibul Haddad paling ampuh dan sempurna setelah melaksanakan sholat isya dan subuh. Namun jika ingin membaca satu kali saja juga diperbolehkan dan pelaksanaannya dilakukan setelah sholat isya.

Baca Juga:   Bacaan Doa Agar Suami Minta Terus Kepada Istrinya

Dari sejumlah literatur dijelaskan ada banyak khasiat membaca Ratibul Haddad, diantaranya sebagai berikut :

1. Mempermudah urusan

Pada dasarnya dzikir yang berisikan pujian-pujian kepada Allah SWT memang mempunyai tujuan untuk menusia mengingat sang penciptanya. Selain itu dzikir juga bisa menjaga ketentraman hati serta mempermudah urusan.

2. Mendapatkan pertolongan

Khasiat lain dari doa Ratib Al Haddad adalah mendapatkan pertolongan dari Allah SWT. Bahkan doa ini pernah menjadi amalan dalam sebuah cerita di masalalu. Hal tersebut menjadi bukti bahwa surat ini sangat ampuh untuk meminta pertolongan dari Allah.

3. Menentramkan hati

Dengan membaca doa Al Haddad setiap hari seseorang akan merasakan ketentraman dalam hati serta jiwanya. Tidak akan ada kebimbangan yang menyelimut, sehingga hidup pun akan lebih bahagia.

4. Dilindungi dari kejahatan berupa guna-guna, sihir, dan lain-lain

Manfaat lain yang dapat dirasakan adalah dilindungi dari kejahatan berupa guna-guna, sihir, dan lain  sebagainya. Maka dari itu tidak heran apabila surat ini selalu dibacakan ketika seseorang terkena santet, ataupun hal buruk lain.

5. Memperoleh rezeki yang melimpah dan halal

Terakhir, adalah mendapatkan rezeki yang melimpah dan halal. Siapapun pasti ingin rezekinya diperlancar dengan jalan yang halal agar berkah. Dengan membaca suart ini insyaallah rezeki akan mengalir terus.

Cerita-cerita terkait kelebihan dari Ratib Al-Haddad banyak tercatat dalam buku syarah Ratib Al Haddad. Terdapat beragam rangkuman dari masa nabi yang membeberkan keistimewaan dari amalan ini. Bahkan cerita tersebut diberikan contoh secara konkret dan nyata untuk membuktikan.

Adapun tujuannya adalah membuat masyarakat muslim senantiasa mengenal dan menghafal surat ini untuk kehidupan sehari-hari karena banyaknya khasiat serta manfaat yang bisa diperoleh. Untuk suratnya sendiri bisa Anda lihat di gambar yang ada di bawah ini.

Baca Juga:   Doa Nabi Khidir Bismillahi Masya Allah

Demikianlah ulasan mengenai doa Ratib Al Haddad beserta maknanya yang dapat menjadi pembelajaran bagi Anda. Semoga ulasan ini dapat membuat Anda semakin rajin dalam menghafalkan surat beserta artiannya untuk mempertajam ilmu.

Jangan lupa untuk LIKE kita di FacebookFollow Instagram Zona Syariah. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video ceramah menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel Zona Syariah

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.