Asmaul Husna Al Qahhar artinya Yang Maha Menundukkan. Allah SWT punya 99 nama baik yang dikenal sebagai Asmaul Husna. Muslim sebaiknya mengamalkan Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam perilaku maupun wirid. Asmaul Husna memiliki banyak rahasia dan manfaat untuk dunia dan akhirat.

Apa Arti Al Qahhar?

Al-Qahhar adalah salah satu dari 99 nama indah Allah yang berarti Yang Maha Menundukkan atau Yang Maha Perkasa. Kata ini berasal dari kata Arab qahr yang artinya memenangkan, menaklukkan, menundukkan, dan mengatasi.

Al-Qahhar menunjukkan kekuasaan Allah yang mutlak. Mengamalkan Asmaul Husna Al-Qahhar berarti bersikap rendah hati dan patuh kepada Allah.

Apa Saja Dalil Al Qahhar dalam Alquran?

Dalil Asmaul Husna Al-Qahhar dapat ditemukan dalam Al-Quran pada beberapa ayat, di antaranya:

Surah Shad ayat 65

قُلْ إِنَّمَا أَنَا مُنذِرٌ ۖ وَمَا مِنْ إِلَٰهٍ إِلَّا اللَّهُ الْوَاحِدُ الْقَهَّارُ

Latin: Qul innama ana mundzirun, wa ma min ilahin illa Allahul Wahidul Qahhar.

Artinya: Katakanlah (Muhammad), Sesungguhnya aku hanyalah seorang pemberi peringatan, dan tidak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Allah Yang Esa, Yang Mahaperkasa.

Surah Shad ayat 65 ini mengingatkan kita tentang peran Nabi Muhammad SAW sebagai pemberi peringatan dan menekankan konsep Tauhid dalam Islam, yaitu pengakuan bahwa hanya ada satu Tuhan, yaitu Allah, yang Mahaperkasa dan Maha Mengalahkan.

Surah Yusuf ayat 39

يَا صَاحِبَيِ السِّجْنِ أَمَّا أَحَدُكُمَا فَيَسْقِي رَبَّهُ خَمْرًا ۖ وَأَمَّا الْآخَرُ فَيُصْلَبُ فَتَأْكُلُ الطَّيْرُ مِن رَّأْسِهِ ۚ قُضِيَ الْأَمْرُ الَّذِي فِيهِ تَسْتَفْتِيَانِ

Baca Juga:   Doa setelah Sholat Tahajud agar Cepat di Kabulkan oleh Allah Swt

Latin: Yā ṣāḥibayi s-sijni ammā aḥadukumā fayasqī rabbahu khamrā, wa ammā l-ākharu fayuṣlabu fa-ta’kulu ṭ-ṭayru min ra’sihi, quḍiya l-amru alladhī fīhi tastaftiyān.

Artinya: Wahai dua teman sepenjaraku, adapun salah satu di antara kalian, maka ia akan memberi minuman tuannya anggur. Sedangkan yang lainnya akan disalib, dan burung-burung akan memakan dari kepalanya. Telah diputuskan perkara yang kamu berdua pertanyakan.

Surah Yusuf ayat 39 mengisahkan Nabi Yusuf yang menjelaskan tafsir dari mimpi dua orang teman sepenjaranya. Ayat ini menekankan kemampuan Nabi Yusuf dalam menafsirkan mimpi serta menunjukkan pengetahuan dan kebijaksanaan yang diberikan Allah kepadanya.

Surah Ibrahim ayat 48

يَوْمَ تُبَدَّلُ الْأَرْضُ غَيْرَ الْأَرْضِ وَالسَّمَاوَاتُ وَبَرَزُوا لِلَّهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارِ

Latin: Yawma tubaddalu al-ardu ghayra al-ardi wa-s-samawatu, wa barazu lillahi al-Wahidi al-Qahhari.

Artinya: (Ingatlah) hari ketika bumi diganti dengan bumi yang lain dan (begitu pula) langit-langit, dan manusia keluar (dari kubur) untuk menghadap Allah Yang Esa, Yang Mahakuasa.

Surah Ibrahim ayat 48 ini menggambarkan hari kiamat, di mana alam semesta ini, termasuk bumi dan langit, akan diganti dengan keadaan yang baru. Ayat ini menekankan kekuasaan mutlak Allah SWT pada hari kiamat, di mana semua makhluk akan berdiri untuk menghadap-Nya. Ayat ini juga mengingatkan kita tentang realitas akhirat dan pentingnya persiapan untuk hari tersebut.

QS Surah Ghafir Ayat 16

يَوْمَ هُمْ بَارِزُونَ ۙ لَا يَخْفَىٰ عَلَى ٱللَّهِ مِنْهُمْ شَىْءٌ ۖ يَلْمَنِ ٱلْمُلْكُ ٱلْيَوْمَ ۖ لِلَّهِ ٱلْوَٰحِدِ ٱلْقَهَّارِ

Latin:Yawma hum barizuna la yakhfa ‘ala Allahi minhum shay’un. Yalmani al-mulku al-yawma lillahi al-Wahidi al-Qahhari.

Artinya: (Ingatlah) hari ketika mereka semua keluar (dari kubur) terbuka; tidak ada sesuatu pun dari mereka yang tersembunyi bagi Allah. Milik siapakah kerajaan pada hari itu? Milik Allah, Yang Esa, Yang Mahakuasa.

Surah Ghafir ayat 16 ini menggambarkan hari kiamat, saat semua manusia dibangkitkan dari kubur dan tidak ada yang tersembunyi dari Allah SWT. Ayat ini mengingatkan tentang kekuasaan mutlak Allah dan bahwa pada hari tersebut, hanya Dia yang memiliki kekuasaan penuh atas segala sesuatu. Ini merupakan pengingat akan pentingnya bertanggung jawab atas tindakan kita di dunia.

Baca Juga:   Doa Yasin untuk Memisahkan Suami dari Selingkuhannya

Apa Manfaat Membaca Al Qahhar?

Manfaat Membaca Asmaul Husna Al-Qahhar ialah menundukkan orang dan menciptakan cinta. Membaca Ya Qohhar berulang kali dengan izin Allah memberikan keuntungan, mengendalikan jiwa dan nafsu, serta menciptakan cinta kepada Allah.

Memahami makna Al-Qahhar membantu kita bersikap rendah hati, tidak arogan, dan sadar bahwa Allah memiliki kekuasaan mutlak untuk mengendalikan segala sesuatu sesuai dengan kehendak-Nya.

Bagaimana Cara Mengamalkan Asmaul Husna Al Qahhar Dalam Kehidupan Sehari-hari?

Untuk mengamalkan Asmaul Husna Al-Qahhar dalam kehidupan sehari-hari, Anda dapat mencoba beberapa cara berikut ini:

  1. Bersikap rendah hati: Menyadari bahwa segala sesuatu diseluruh alam hanya milik Allah dan dalam kekuasaan-Nya.

  2. Tidak arogan dan sombong: Hidup dengan niat yang positif dan mengizinkan kepada Allah.

  3. Mengendalikan nafsu: Menghadapi dan mengendalikan keinginan, kesedihan, dan perasaan negatif yang mungkin muncul sebab hawa nafsu.

  4. Mensyukuri nikmat dan karunia Allah: Fokus pada bahagiaan dan rahasiaan yang diberikan oleh Allah.

  5. Berpegang teguh pada agama Allah: Menjaga dan memperkaskan agama Islam sesuai dengan ajarannya.

  6. Memberikan kesempatan pada orang lain: Menyediakan peluang dan mendukung orang lain untuk mengubah dirinya.

Dengan menerapkan cara-cara di atas dalam kehidupan sehari-hari, Anda dapat menjadikannya lebih baik menjadi Muslim dan menjaga asmaul Husna Al-Qahhar.

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.

Write A Comment