Makna Asmaul Husna Al Bari

Asmaul Husna merupakan nama-nama yang indah dan baik yang mencerminkan sifat-sifat Allah SWT. Salah satu dari 99 Asmaul Husna yang ada dalam Islam adalah Al Bari, yang diartikan sebagai Allah yang menciptakan. Arti Al Bari ini berkaitan dengan penciptaan alam semesta, manusia, dan kehidupan yang ada di langit dan di bumi. Dalam bahasa Arab, Al Bari berasal dari kata “bara’a” yang berarti menciptakan, membentuk, atau mengadakan.

Dalil Al Bari dalam Al Quran

Allah Al Bari disebutkan dalam Al Quran surat Al Hasyr ayat 24 yang berbunyi:

الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ لَهُ

“Al-Khaliq, Al-Bari, Al-Musawwir. Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”

Dalam ayat ini, Allah SWT dikenal sebagai Al Bari, yang berarti Allah yang menciptakan atau mengadakan. Selain itu, terdapat juga nama Allah yang lain seperti Al-Khaliq dan Al-Musawwir yang memiliki kekhususan dalam menciptakan dan membentuk rupa makhluk ciptaan-Nya.

Makna Al Bari dalam Penciptaan

Allah Al Bari memiliki kekuasaan untuk menciptakan dan mengatur segala ciptaan yang ada di langit dan di bumi. Dia menciptakan makhluk tanpa meniru bentuk apa pun yang telah ada sebelumnya. Maha Mengadakan berarti mengadakan apa yang Dia tetapkan. Allah SWT mewujudkan dan mengadakan apa yang Dia kehendaki tanpa contoh sebelumnya.

Allah Al Bari juga menciptakan manusia dengan bentuk yang sempurna dan indah, sebagai buah dari nama Allah yang Maha Mengadakan. Bahasa Arab klasik menggunakan kata “bara’a” untuk menggambarkan proses penciptaan ini, yang mencerminkan sifat Allah yang Maha Mengadakan.

Baca Juga:   Berikut Do'a Agar Anak Menjadi Penurut dan Pintar

Keutamaan Beriman Kepada Al Bari

Beriman kepada Allah sebagai Al Bari memberikan kekuatan dan ketenangan bagi umat Islam. Mengakui keberadaan Al Bari sebagai pencipta alam semesta membuat kita semakin tunduk dan berserah diri kepada-Nya. Ketika kita menyadari bahwa Allah adalah pencipta langit dan bumi, kita akan lebih menghargai kehidupan dan menghormati ciptaan yang ada di sekitar kita.

Kita juga akan lebih peka terhadap keberadaan makhluk lain yang juga diciptakan oleh Allah, seperti hewan dan tumbuhan. Kesadaran ini akan membuat kita lebih menjaga lingkungan dan menjalani kehidupan yang lebih harmonis dengan alam.

Kisah Nabi dan Al Bari

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda tentang Asmaul Husna Al Bari dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas. Dalam hadits tersebut, Rasulullah SAW meng ingatkan umatnya tentang pentingnya mengenal Allah melalui Asmaul Husna-Nya, termasuk Al Bari, agar lebih dekat dengan-Nya dan lebih menghargai ciptaan-Nya.

Dalam kisah lain, terdapat contoh kisah para nabi yang memohon pertolongan kepada Allah dengan menyebut nama Al Bari. Hal ini menunjukkan kekuatan doa yang memohon kepada Allah dengan menyebut Asmaul Husna-Nya.

Meneladani Sifat Al Bari dalam Kehidupan

Umat Islam diharapkan meneladani sifat-sifat Allah, termasuk sifat Al Bari. Dalam konteks ini, meneladani sifat Al Bari berarti kita harus menghargai dan menjaga ciptaan yang telah diciptakan oleh Allah, serta menghormati keberagaman bentuk kehidupan yang ada di muka bumi ini.

elain itu, kita juga harus selalu mengingat bahwa segala sesuatu yang kita miliki dan nikmati adalah hasil dari karunia Allah yang Maha Mengadakan. Oleh karena itu, kita harus bersyukur dan selalu berusaha untuk menggunakan nikmat tersebut dalam kebaikan dan ketaatan kepada Allah SWT.

Baca Juga:   Doa Supaya Dia Ingat Kita Terus

Kesimpulan

Asmaul Husna Al Bari merupakan salah satu dari 99 nama Allah yang memiliki makna yang dalam dan penting bagi umat Islam. Al Bari adalah Allah yang Maha Mengadakan, yang menciptakan dan mengatur segala ciptaan di langit dan di bumi. Keimanan kepada Al Bari akan membuat kita lebih menghargai kehidupan dan menghormati ciptaan Allah yang ada di sekitar kita.

Mengenal Al Bari juga akan membuat kita lebih dekat dengan Allah dan lebih berserah diri kepada-Nya. Semoga kita dapat meneladani sifat Al Bari dalam kehidupan kita sehari-hari dan selalu berusaha untuk menjaga dan menghormati ciptaan-Nya.

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.

Write A Comment