Zona Syariah, Portal Berita Islami Kata selamat dapat diartikan sebagai terhindar atau terbebas dari bencana, bahaya, atau malapetaka yang bisa saja menimpa. Sehingga ketika seorang umat muslim memanjatkan doa agar selamat dunia akhirat, berarti ia memohon kepada Allah agar selamat di dunia maupun di akhirat. Ada beberapa doa yang bisa dipanjatkan, termasuk juga doa selamat panjang dan pendek. Ingin tahu bacaan dan makna doa tersebut? Yuk simak disini.

Kumpulan Doa Panjang dan Pendek Agar Selamat Di Dunia dan Akhirat

1. Bacaan Doa Agar Selamat yang Panjang

Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diini wa ‘aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal maut. Allaahumma hawwin ‘alainaa fii sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal ‘afwa ‘indal hisaab. Robbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wahab lanaa mil ladunka rahma, innaka antal wahhab. Robbanaa aatinaa fiddunnya hasanah, wa fil aakhirati hasanah, waqinaa ‘adzaa ban naar”.

Artinya “Ya Allah sesungguhnya kami memohon pada-Mu keselamatan dalam agama, kesehatan, ilmu yang bertambah, serta berkah dalam rizki, taubat sebelum mati, memperoleh rahmat sebelum mati, serta memperoleh pengampunan sesudah mati. Ya Allah, Ya Tuhanku ringankanlah hamba dari sakaratul maut, lepaskan dari api neraka, serta memperoleh maaf saat dihisab, ya Allah jangan Engkau goyahkan kami saat memperoleh petunjuk, beri kami rahmat Mu yang Maha Pengasih. Ya Allah berikan pula hamba kebaikan dunia akhirat, dan jauhkan kami dari api neraka”.

Baca Juga:   Doa untuk Menopause Supaya Haid Lagi

Kemudian bacaan doa selamat panjang disambung dengan “Allahahummaftah lanaa abwaabal khair, wa abwaabal barakah, wa abwaaban ni’mah, wa abwaaban rizqi, wa abwaaban quwwah, wa abwaabas shihhah, wa abwabas salaamah, wa wa abwaabal ‘aafiyah, wa abwaabal jannah. Allaahumma ‘aafina min kulli ballaa’id duniyaa wa ‘adzaabil aakhirah, washirif ‘annaa bi haqqil qur’aanil ‘azhiim wa nabiiyikal kariim syarrad duniyaa wa ‘adzabal aakhirah. Ghafarallaahu lanaa wa lahum bi rahmatika yaa arhamar raahimiin. Subhaana rabbika rabbil ‘izzati ‘an maa yashifuun, wa salaamun ‘alal mursalin, wal hamdulillaahi rabbil ‘aalamiin”.

Artinya “Ya Allah bukakanlah untuk kami pintu kebaikan, keberkahan, kenikmatan, rezeki, kekuatan, kesehatan, keselamatan, afiyah, serta pintu surga. Ya Allah ya Tuhan kami, jauhkanlah kami dari semua ujian yang ada di dunia serta siksa di akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia serta siksa di akhirat dengan hak Al-Quran yang agung serta derajat nabi-Mu yang pemurah.

Semoga Allah mengampuni kami dan juga mereka. Wahai (Allah), zat yang Maha Pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, (yang Agung) dari semua yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para Rosul. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.” Doa selamat panjang yang lengkap tersebut biasanya dipanjatkan pada saat solat di masjid atau mushalla, dan saat tahlil.

2. Bacaan Doa Agar Selamat yang Pendek

Jika tidak ingin membaca doa meminta selamat yang panjang, maka Anda bisa memilih bacaan doa yang lebih pendek. Doa tersebut berbunyi “Allaahumma antas salaam, wa minkas salaam, tabaarokta dzal jalaali wal ikrom” yang dapat diartikan sebagai “Ya Allah, Engkau adalah Tuhan yang memerikan keselamatan. Dan dari keselamatan . Maha suci Allah, pemilik dari segala kebesaran dan kemuliaan.”

Baca Juga:   Bacaan Doa Agar Suami Kembali Kepada Istri

Bacaan doa untuk meminta keselamatan di dunia dan akhirat yang lebih pendek, memiliki keutamaan yang sama dengan bacaan doa yang lebih panjang. Sehingga Anda bebas ingin memilih yang mana, bisa memilih bacaan doa selamat panjang ataupun yang pendek. Akan lebih baik lagi, jika doa tersebut selalu dibaca sesudah solat fardhu atau dibaca sesering mungkin.

Itulah bacaan doa untuk meminta keselamatan di dunia maupun di akhirat, baik yang panjang maupun  pendek. Dimana doa tersebut, bisa melindungi dari kemaksiatan, tindakan tercela, dan hal hal buruk lainnya yang menyimpang dari ajaran agama Islam. Doa memiliki kekuatan yang luar biasa, sehingga ada baiknya sebelum melakukan suatu kegiatan untuk berdoa terlebih dahulu. Wallahu a’lam bis shawab.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Instagram Zona Syariah. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video ceramah menarik dari kita, jangan lupa Subscribe YouTube Channel Zona Syariah

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.